Perkembangan Indera & Pembelajaran Janin dalam Kandungan

Janin dalam Kandungan
Menurut saya pembelajaran bayi bisa dimulai dari sejak dalam kandungan. Sampai sekarang potensi bayi untuk belajar di dalam kandungan masih jarang di perhatikan. Baru akhir-akhir ini ada penelitian mengenai efek music terhadap perkembangan bayi di dalam kandungan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut.

Indera Pendengaran
Organ pendengaran terbentuk secara sempurna pada umur kehamilan 24 minggu. Sejak ibu hamil merasakan gerakan bayi untuk pertama kalinya, bayi mulai bisa mendengar . Suara yang sangat dikenali adalah suara detak jantung ibu. Karena itu, jika setelah lahir bayi ditempelkan pada dada ibu, bayi akan merasa tenang.
Sebuah penelitian menunjukan, mulai umur kehamilan 20 minggu hingga melahirkan bayi yang di biasakan dengarkan music klasik dua kali 10 menit seminggu ternyata mengalami perkembangan intelektual lebih baik daripada bayi yang tidak di dengarkan music.

Indera Penglihatan
Pada umur kehamilan 25 minggu, penglihatan janin mulai berfungsi . Bayi bisa melihat apa saja yang ada di dalam rahim. Warna yang bisa dilihat sementara hanya hitam, putih, dan abu-abu. Warna lain baru bisa dilihat dua minggu setelah bayi lahir. Janin dalam kandungan juga peka terhadap sinar dari luar. Bayi akan menoleh kepala untuk menghindari sinar yang menyilaukan itu disertai dengan meningkatnya detak jantung bayi.

Indera Pengecap
pada umur kehamilan 24 minggu, indera pengecap bayi mulai terbentuk . Bayi merasakan perbedaan rasa malalui air ketuban. Air ketuban ini akan berbeda-beda rasanya sesuai dengan makanan yang di konsumsi oleh ibu hamil. Bayi dalam kandungan juga bisa memilah jenis makanan yang dianggap tidak enak atau membahayakan baginya, yakni dengan cara memberikan rasa mual dan rasa tidak suka terhadap ibunya.

Indera Pembauan atau Penciuman
Mulai minggu ke-24 kehamilan, indera pembauan bayi mulai berfungsi. Ia akan belajar bau dari air ketuban yang berada di sekitarnya.

Indera Peraba
Indera peraba mulai berfungsi terutama menjelang trimester ke-3 kehamilan. Bayi akan memberikan respon berupa tendangan kaki atau gerakan tangan jika bagian perut ibu diraba dan ditekan.