Perjalanan & Perkembangan Zigot

Perjalanan & Perkembangan Zigot
Perjalanan dan Perkembangan zigot dari saluran tuba falopi menuju rahim :

Hari Pertama
Sel Zigot
Inti sel sperma dan inti sel telur akan melebur menjadi zigot. Dalam waktu 12 jam, sel akan membelah diri menjadi ganda. Pembelahan sel tersebut berlangsung di sepanjang saluran tuba.

Hari ke Dua sampai ke Lima
Sel Morula
Fase ini sel disebut morula. Sel akan membelah diri setiap 12 jam berikutnya sehingga jumlahnya akan menjadi banyak. Di sepanjang saluran tuba falopi terdapat rambut-rambut getar yang berfungsi memudahkan pergerakan sel menuju rahim (Uterus). 

Hari ke Lima sampai ke Enam
Blastosit
Sel morula ini akan bergerak menyusuri tuba falopi ke arah rahim (Uterus). Selama perjalanan, sel morula ini akan terus membelah diri sehingga menjadi banyak, dan disebut blastosit. Fase blastosit ini sudah di akhir saluran tuba falopi. Jika sel ini berhenti dan menempel sebelum sampai ke dalam rahim, maka dinamakan kehamilan di luar kandungan (ectopic pregnancy). Sel ini tidak akan berkembang menjadia janin malah justru akan membahayakan  kesehatan Ibu.

Hari ke Enam sampai ke Tujuh
Sel blastosit sudah berada di dalam rahim dan siap untuk menempel. Sel yang aktif akan mengebor lapisan lendir rahim dengan menggunakan enzim yang dapat melebur sel-sel pada lapisan tersebut. Biasanya tempat yang dipilih adalah daerah di atas belakang (fundus) rahim. Proses pengeboran biasanya terjadi selama 4 sampai 5 hari, dan akan tertanam pada dinding rahim.