Masa Subur

Sel Sperma dan Sel Telur
Masa subur yaitu saat sel telur dikeluarkan dari ovarium, yang umumnya keluar hanya satu atau dua buah saja. Kejadian itu hanya satu kali dalam satu bulan, yaitu kurang lebih pada 14 hari sebelum menstruasi yang akan datang. Masa subur wanita itu sangat pendek, karena umur dari sel telur kurang lebih hanya 24 jam. Jika pada saat itu tidak terjadi pertemuan antara sel telur dan sel sperma, maka tidak akan terjadi pembuahan. Dengan demikian harus menunggu bulan berikutnya untuk menghasilkan sel telur yang baru.

Dan yang menakjubkan adalah sel sperma pada laki-laki. Dalam satu kali ejakulasi, akan mengeluarkan sel sperma labih dari 20 juta sel. Dan hanya diperlukan satu sel sperma saja untuk membuahi sel telur. Selanjutnya sel sperma yang lainnya akan mati. Umumnya umur sel sperma hanya 24 sampai 48 jam setelah dikeluarkan.

Diperlukan waktu 6 - 8 hari sejak sel sperma dan sel telur bertemu hingga tertanamn di dalam rahim. Jika kedua sel berrtemu dan melebur tejadi pembuhan dan menjadi zigot. Kemudian Zigot berkembang menjadi blastosit dan menempel (implantasi) dalam rahim.Fase tersebut sejak bertemu sel sperma dengan sel telur hingga kehamilan 9 minggu disebut fase embrio. Kemudian calon bayi tersebut disebut janin.

Dan untuk mengetahui perjalanan dan perkembangan zigot bakal calon bayi silahkan anda kunjungi Perjalanan & Perkembangan Zigot.